Kerjabilitas : Job Portal Kaum Difabel

kerjabilitas-team
Mencari kerja bukanlah perkara mudah terutama bagi teman-teman disabilitas atau penyandang cacat. Menurut data UN kurang lebih terdapat 13% penduduk negara merupakan kaum difabel. Kerjabilitas hadir untuk menjembatani kebutuhan kaum difabel dalam dunia professional.

Bermula dari kesadaran dan kepedulian isu sosial dalam masyarakat, Tety, CTO – Co-Founder Kerjabilitas, memiliki keinginan untuk menjawab kebutuhan mencari kerja bagi para penyandang cacat.
Mendirikan Kerjabilitas memiliki tantangan tersendiri dengan pengguna unik yang memiliki keterbatasan sehingga dirasa perlu untuk mengadakan FGD (Focus Group Discussion) untuk mencari tahu sebenarnya masalah apa yang ingin dipecahkan dan potensi apa yang dipunya mengingat target user
Berbeda dengan job portal yang sudah ada dimana dirasakan tidak mudah diakses bagi kaum difabel. Website Kerjabilitas dibuat sedemikian simple dan sederhana agar accessible.
Teman-teman rungu bingung dengan terlalu banyak tulisan, sementara mereka lebih nyaman dengan lebih banyak icon. Kerjabilitas kemudian hadir untuk memastikan portal accessible bagi seluruh teman-teman difabel baik tuna netra, tuna daksa atau pun tuna rungu.

Tantangan lain yang dihadapi ketika mendekati perusahaan untuk memasang lowongan kerja. Menghadapi hal ini, Kerjabilitas melakukan assessment singkat dengan lowongan kerja yang dapat diisi oleh kaum difabel.Kemudian Kerjabilitas melakukan pendekatan bisnis karena tidak ingin hanya sekedar rasa kasihan saja.

Terdapat contoh sukses seorang tuna rungu dengan alat bantu dengar yang bekerja sebagai data entry officer di Wikimedia dan terbukti kerja lebih produktif karena dapat lebih fokus bekerja dan memiliki etos kerja tinggi. Hal ini dapat meyakinkan perusahaan bahwa kaum difabel lebih bertanggungjawab dan tingkat turn over lebih rendah.

Kerjabilitas sendiri memiliki 2 orang karyawan difabel yang sangat bisa diandalkan untuk posisi admin dan finance. Pekerjaan kedua karyawan tersebut juga bukan posisi mudah, mengingat keterbatasan yang dimilki. Kehadiran mereka yang selalu memotivasi Tety untuk terus maju dan pantang menyerah dalam mengembangkan Kerjabilitas meski sering mengalami penolakan.
kerjabilitas

Kerjabilitas sekarang memiliki lebih dari 5.000 pencari kerja dan 500 perusahaan. Selain di Yogyakarta, Kerjabilitas juga memiliki kantor representatif di Medan, Makassar, dan Surabaya. Harapannya dalam 5 tahun ke depan, Kerjabilitas dapat menjangkau lebih banyak kota di Indonesia dengan pengguna lebih banyak.
Perusahaan yang bergabung di Kerjabilitas merupakan perusahaan dari seluruh Indonesia namun mayoritas merupakan MNC (Multi National Company) atau UKM (Usaha Kecil Menengah). MNC memiliki Equal Opportunity Employer dengan UN sehingga lebih terbuka dalam mempekerjakan kaum difabel. Sementara bagi UKM seperti di kafe atau laundry lebih mudah dijangkau lowongannya karena tidak menuntut pendidikan tinggi.

Isu tenaga kerja disabilitas di Indonesia bukahlah hal baru. Merujuk pada UU No.4 Tahun 1997 bahwa perusahaan wajib memberikan 1% kuota bagi difabel bekerja. Namun pada faktanya memang masih sedikit perusahaan yang mempekerjakan difabel.

Kerjabilitas terpilih sebagai salah satu startup potensial dalam Google Launchpad Accelerator di kantor pusat Google di Mountain View, California, Amerika Serikat. Tety bertemu dengan startup dari negara lain termasuk India dan Brazil selama 2 minggu program di Amerika dan kemudian 6 bulan di negara masing-masing.
Prestasi lainnya, Kerjabilitas juga terpilih sebagai salah satu social enterprise dari delapan wakil Indonesia di Jolkona Catalyst, Program ini memberikan pelatihan bagi para pelaku usaha sosial selama 3 minggu di Seattle, Amerika Serikat. Hal yang dipelajari beragam dari mulai menjabarkan visi, analisis marketing channel, design thinking,leadership hingga menghitung social impact.

Kerjabilitas sudah meluncurkan mobile apps Android yang dapat di install di link berikut ini
Kerjabilitas
terus meningkatkan sistem algoritma agar semakin memudahkan job matching bagi pencari kerja dengan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *